Ingin cintamu awet ?

Ingin cintamu Awet, seperti permen karet ? waktu pdkt, terasa manis dan butuh perjuangan, buat memperoleh cintanya. Namun kok, makin deket, mulai terasa basi ya ? Wah … bahaya ! lebih baik, kamu perhatiin lagi resep jitu, agar cinta doimu tetap menderu dan sekaligus menjaga agar doi kamu ngga’ mendua :

1. Jujur

Bila ada yang tidak kita sukai dari doi, lebih baik jujur. Kalo’ perlu, obrolin saat kita dan dia sedang berduaan saja. Ngga’ apa-apa kok, agak sakit sedikit, tapi enak belakangan hari. Seperti, kita ngga’ suka melihat kalo’ doi terlalu baik, mau mengantarkan semua teman cewe’nya. Ya boleh deh, kita terus terang aja, daripada saling sindir atau berantem.

2. Be Yourself

Jadi diri sendiri, paling baik. ngga’ perlu mengubah diri kita menjadi orang lain. Misalnya, kita biasa mengenakan baju casual, jangan lantas berubah pake tank top, rok mini, hanya karena doi.

3. Tulus

Bila kamu mencintai dia, ya tulus aja. Jangan berharap dia akan membalas dengan jumlah sama. Bila sudah menolong dia, misalnya, jangan diungkit-ungkit atau jadi perhitungan

4. Terbuka

Ngga’ perlu bohong, soal teman-teman kamu. Terbuka aja, selama ini kita deket dengan siapa dan biasa menghabiskan waktu dimana. Selain doi jadi ngga was-was, kamu juga enak, ngga’ perlu sembunyi-sembunyi.

5. Kata “Maaf”

Maaf memang ada batasnya. Namun, ngga’ ada salahnya juga kamu selalu siapkan kata maaf. Namanya juga manusia. Pasti ada salah dan ngga’ sempurna. Kita sendiri kan ngga’ perfect.

6. Kejutan

Jangan segan kita memberi kejutan buat sidia. Misalnya, kita buatkan makanan kesukaannya atau bawakan sekotak coklat. Mmmmm … doi pasti tambah care sama kamu.

7. Care

Perhatian ! Pasti.Nngga’ perlu mengorbankan rupiah, tapi perhatian sekecil apapun berguna banget. Misalnya, doi sakit. Cek deh, sudah makan apa belum. Atau tengok sebentar saja, bagaimana dengan pelajaran dia yang tertinggal.

8. Dekat Keluarga

Awas ! Pacaran dengan doi, berarti kita juga wajib dekat dengan keluarganya. Minimal, kamu kenal dengan mereka. Sehingga, jika ada apa-apa, komunikasinya mudah. Kamu pun bisa mendapat dukungan dari mereka lho.

9. Ngga’ Posesif

Memang sih, ngga’ enak kalo’ ngeliat doi kita akrab dengan banyak orang. Tapi ngga’ perlu posesif, kamu selalu memantau dia ada dimana, bersama siapa, dan lagi ngapain. Wah, lama-lama bete juga lho, diawasi seperti pesakitan !

10. Hargai Privacy

Meskipun kita dan doi terbuka, ngga’ semua hal bisa dibicarakan berdua. Hargai juga privacy dia. Apa yang perlu kita ketahui dan apa yang sebaiknya jangan kita campuri.

Awas, Makin Banyak Orang Pikun!

Penyakit demensia atau kepikunan khususnya demensia Alzheimer dipekirakan makin meningkat prevalensinya. Data di kawasan Asia Pasifik memperkirakan,  jumlah penderita demensia bakal melonjak dua kali lipat dan lebih cepat pada 2025 di bandingkan negara-negara barat.

Ketua Umum Asosiasi Alzheimer Indonesia (AAzi), Dr Samino, Sp S (K), menyatakan kasus kepikunan Alzheimer dipastikan bakal meningkat di tahun-tahun  mendatang seiring bertambahnya jumlah lansia (orang lanjut usia). Organisasi Alzheimer se-Asia Pasifik pada 2005 bahkan telah membuat rekomendasi, salah satunya menyoroti ancaman epidemi demensia di masa mendatang termasuk di Indonesia.

“Kita memang belum punya angka, tetapi prediksi ini akan terjadi di tahun-tahun mendatang. Salah satu rekomendasinya menyatakan akan terjadi epidemi lansia yang mana demensia nantinya pasti akan ikut mengalami peningkatan yang luar biasa,” ungkap Dr Samino dalam media edukasi tentang Alzheimer di Jakarta, Senin (20/10).

Demensia yang disebabkan Alzheimer biasanya diderita oleh pasien uisa lanjut di atas 60 tahun. Demensia Alzheimer merupakan salah satu bentuk demensia akibat degenerasi otak yang sering ditemukan dan paling ditakuti.  Alzheimer merupakan penyebab demensia terbanyak yaitu sekitar 60 hingga 70 persen dari seluruh kasus demensia.

Organisasi Alzheimer Internasional (ADI), yang mewakili 77 Asosiasi Alzheimer di seluruh dunia termasuk AAzi, mencatat sekitar 4,6 juta kasus demensia baru dilaporkan di dunia saat ini, atau kasus baru muncul setiap tujuh detik.  Pada tahun 2050, jumlah penderita demensia atau kini disebut ODD (Orang Dengan  Demensia) diproyeksikan mencapai 100 juta orang di seluruh dunia.

Adanya ancaman krisis akibat demensia ini telah membuat ADI mengeluarkan Piagam Global Penyakit Alzheimer bertepatan dengan peringatan Hari Alzheimer Dunia pada 21 September lalu. Piagam Global ini didalamnya memuat 11 action plan yang harus dijalankan oleh pemerintah dan lembaga terkait lainnya guna mengatasi ancaman krisis tersebut.

Salah satu poin di antaranya menekankan pentingnya untuk lebih fokus pada perawatan dengan menitikberatkan pada peningkatan pengetahuan masyarakat tentang penyakit demensia dan cara-cara mendampingi ODD.

Satu juta
Di Indonesia sendiri, prevalensi atau jumlah kasus demensia yang akurat sebenarnya belum ada. Tetapi AAzi memperkirakan kasusnya sudah mencapai sekitar satu juta. Angka ini menurut DR. Dr Martina Wiwie Setiawan Sp.KJ (K), salah satu pengurus AAzi,  tidak dapat dianggap enteng karena meski sedikit demensia menimbulkan beban yang sangat besar bagi masyarakat.

“Mengenai  jumlah kasus demensia, bisa saya katakan bahwa proyeksinya sekitar satu juta orang. Tetapi buat kita ini mungkin tidak banyak, tetapi beban yang ditimbulkannya sangat luar biasa baik dari segi ekonomi maupun sosial.  Menghadapi satu atau dua orang pengidap demensia saja kita bisa kelimpungan,” ujarnya.

Sumber : kompas.com

25 Persen Penduduk Indonesia Terganggu Jiwanya

Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari mengatakan, sekitar 25 persen penduduk Indonesia mengalami gangguan neurotik, yakni gangguan kesehatan jiwa seperti depresi dan psikosomatik yang selama ini kurang dikenali masyarakat.

“Itu berarti dari setiap empat orang penduduk ada satu orang terkena gangguan neurotik. Angka yang fantastik, tapi kurang disadari masyarakat,” kata Menteri Kesehatan dalam sambutan tertulis yang dibacakan Dirjen Bina Pelayanan Medik Departemen Kesehatan, Farid W Husain, pada peringatan Hari Kesehatan Jiwa se-Dunia tingkat nasional di halaman Balaikota Bogor, Senin.

Dikatakan Menkes, berdasarkan data tersebut, jika penduduk Kota Jakarta sekitar 10 juta jiwa, maka dua juta jiwa di antaranya mengalami gangguan neurotik.

Menurut dia, banyak orang di Indonesia tidak menyadari jika dirinya mungkin termasuk kelompok penduduk yang mengalami masalah kesehatan jiwa.

“Masalah kesehatan jiwa, bukan hanya gangguan jiwa ekstrim seperti psikotik atau gelandangan. Skizofrenia yang masih menjadi fenomena gunung es, juga merupakan gangguan kesehatan jiwa,” katanya.

Penduduk yang terkena skizofrenia diperkirakan satu orang dari setiap 1.000 orang penduduk.

Kelompok ganggun kesehatan jiwa lainnya, kata dia, adalah neurotik, yang jumlahnya fantastis, tapi kurang disadari masyarakat.

Dikatakannya, masalah kesehatan jiwa adalah masalah yang sangat mempengaruhi produktivitas dan kualitas kesehatan perorangan maupun masyarakat, yang tidak mungkin ditangani oleh pemerintah saja, tapi harus ditangani oleh multi sektor termasuk masyarakat.

Pembangunan sumber daya manusia (SDM), kata dia, tidak hanya memperbaiki asupan gizi seimbang saja, tapi harus melihat bahwa manusia terdiri dari tiga aspek yang tidak terpisahkan.

Ketiga aspek tersebut adalah, aspek fisik atau jasmani (organi biologis), mental, emosional atau kejiwaan (psiko-edukatif), serta aspek soial budaya atau lingkungan (sosio-kultural).

“Ketika aspek tersebut harus dibangun secara seimbang dan terintegrasi. Jika salah satu dari ketiga aspek tersebut terabaikan, maka upaya membangun SDM yang utuh hanya harapan,” katanya.

Pada peringatan Hari Kesehatan Jiwa se-Dunia 2008, Menkes mengimbau dan menegaskan kepada semua pihak untuk memperhatikan dan melaksanakan pesan kesehatan jiwa Indonesia.

Pertama, kesehatan jiwa adalah bagian integral dari kesehatan. Tidak ada kesehatan, tanpa kesehatan jiwa.

Kedua, Status kesehatan jiwa individu sangat menentukan kualitas hidup, sehingga sudah saatnya mendapat perhatian khusus. Status kesehatan yang buruk, akan menurunkan indeks pembangunan manusia (IPM) Indonesia.

Ketiga, kesehatan jiwa harus terintegrasi dalam semua aspek kesehatan, kebijakan publik, perencanaan sistem kesehatan, serta pelayanan kesehatan dasar, dan rujukan.

Dari pesan-pesan tersebut, kata dia, sudah ada beberapa wilayah yang melaksanakannya, misalnya di Kelurahan Sindangbarang Kota Bogor, Jakarta Barat, serta di delapan kabupaten/kota di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam.

Sumber : kompas.com

10 dari 22 ponsel mengandung nikel sebabkan radang

Hasil studi mencetuskan sepuluh (10) dari 22 ponsel positif mengandung nikel. Reaksi yang ditimbulkan nikel ini bervariasi, mulai dari kulit memerah sampai bercak-bercak.

Nikel adalah salah satu logam yang dapat menyebabkan iritasi kulit (alergi). Logam ini dapat ditemui di beberapa produk seperti perhiasan, jam tangan bahkan ponsel.

Namun demikian, tidak semua ponsel mengandung nikel. Dr. Lionel Bercovitch, profesor dermatologi di Brown Medical School, membuat penelitian untuk melihat apakah ponsel mengandung nikel. Ia menguji 22 ponsel yang populer dari delapan manufaktur dan menerbitkan hasil penelitiannya pada Jurnal Perkumpulan Kedokteran Kanada.

Hasilnya, sepuluh (10) dari 22 ponsel yang ditelitinya positif mengandung logam, tidak disebutkan merek ponsel apa saja. Pada beberapa ponsel, nikel terdapat di sekitar tombol menu, sekitar logo ponsel, atau di sekitar pinggir layar.

Jumlah pasien yang mengalami radang kulit karena alergi ponsel, menurut para ahli penyakit kulit, bahkan telah meningkat selama beberapa tahun belakangan ini.

“Beberapa orang sangat sensitif terhadap nikel,” kata Bercovitch yang dikutip dari Abcnews, Jumat (17/10/2008).

Iritasi kulit karena ponsel, seperti dikutip dari Reuters, juga dikenal sebagai “radang kulit ponsel”. Ini terjadi karena adanya reaksi nikel di ponsel dengan kulit, khususnya jika terlalu lama memakai ponsel.

Namun terkadang dokter tidak menyadari kalau iritasi kulit pasiennya yang tidak diketahui penyebabnya adalah lantaran iritasi terhadap nikel pada ponsel.

“Dalam kasus radang kulit ponsel, bercak biasanya akan timbul di pipi atau telinga, bergantung di mana bagian logam ponsel yang menyentuh kulit,” kata British Association of Dermatologists.

Secara teori, lanjut asosiasi tersebut, iritasi ini juga dapat terjadi pada jari jika jari bersentuhan terlalu lama dengan tombol menu yang mengandung nikel.

Sumber : detikinet.com

Bagian tubuh wanita yang paling seksi

Anda mungkin tak pernah terpikir bahwa selera pria terhadap tubuh wanita berubah dari masa ke masa. Hal ini harus dibuktikan melalui penelitian pada naskah teks kuno. Ternyata sejarah mencatat bahwa pinggang merupakan bagian tubuh wanita yang paling menarik sejak ratusan tahun yang lalu. Anda setuju?

Dr Devendra Singh peneliti dari universitas Texas , AS, yang menyingkap keindahan fisik pada diri manusia mulai dari perkembangan jaman moderen yakni sejak permulaan suku Indian.

Ia telah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk menguak penampilan wanita dalam sejarah, bahkan ia juga mengukur ukuran pinggang patung kuno dari berbagai wilayah di dunia. Menurutnya, pinggang yang ramping merupakan bagian tubuh yang paling dipuja pria sejak jaman nenek moyang.

Hasil riset yang dimuat dalam jurnal Royal Society ini semakin menguatkan bukti untuk mengetahui peranan pinggang dan pinggul wanita untuk menarik pasangan.

Beberapa ahli menduga ada masa tertentu dalam sejarah di mana pria mungkin lebih menyukai ukuran pinggang yang lebar. Dalam riset terbarunya, ia mencari tahu seberapa menarik seorang wanita berdasarkan analisa terhadap 345 ribu teks kuno dari abad 16-18.

Kebanyakan dari teks yang ia teliti berasal dari penulis Inggris dan Amerika, namun ada pula yang berasal dari suku Indian dan puisi-puisi romantis sekaligus erotis dari China, mulai dari abad ke-1 sampai abad ke-6 sejak era agama Kristen.

Meski yang paling banyak disebut dalam teks tersebut adalah payudara, namun pinggang disebut sebanyak 66 kali, dan pinggang ramping dinilai sebagai sebuah hal yang menarik dari tubuh wanita. “Berdasarkan teks-teks kuno tersebut, para penulis melukiskan pinggang yang ramping sebagai sesuatu yang indah, selain itu pinggang ramping dianggap mencerminkan kesehatan dan kesuburan, dan itu merupakan inti dari sisi feminin seorang wanita yang berlaku di banyak budaya,” kata Singh.

Pinggang perlambang kesuburan

Sebuah studi lain juga menghubungkan antara ukuran pinggang wanita dan tingkat kesuburannya, sehingga wajar jika ukuran pinggang, selain payudara, merupakan hal yang penting bagi pria dalam memilih pasangannya.

Dr. Piers Cornelissen dari York University , Inggris melakukan sebuah percobaan untuk membuktikan teori tersebut. Menurutnya, ketertarikan seorang pria terhadap ukuran pinggang mungkin lebih dikaitkan dengan pandangan bahwa wanita tersebut memiliki status sosial tinggi dibandingkan dengan faktor kesuburan.

Dijelaskan oleh Cornelissen, bentuk lengkung antara pinggang dan pinggul wanita disebabkan karena jumlah lemak dan faktor lain seperti struktur tulang dan pengaruh hormon seks.

Terlepas dari hal itu, apakah Anda setuju pinggang merupakan bagian paling menarik dari tubuh wanita?

Pendaftaran CPNS Polkam 2008

PENGUMUMAN

Nomor : 001/P.CPNS/Polhukam/10/2008

TENTANG
PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG POLITIK, HUKUM DAN KEAMANAN
TAHUN 2008

Diberitahukan bahwa Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan membuka kesempatan bagi Warga Negara Indonesia yang berminat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil dengan ketentuan sebagai berikut :

A. Formasi Jabatan dan Kualifikasi Pendidikan yang dibutuhkan:

1. Kode Jabatan : 83001; Nama Jabatan : Analis Organisasi; Jenjang : Sarjana (S1); Jurusan : Administrasi Negara; Jumlah Formasi : 1 (Satu)

2. Kode Jabatan : 83002; Nama Jabatan : Pengolah Data; Jenjang : Sarjana (S1); Jurusan : Informatika; Jumlah Formasi : 1 (Satu)

3. Kode Jabatan : 83003; Nama Jabatan : Analis Perencanaan Pelaksana Anggaran; Jenjang : Sarjana (S1); Jurusan : Administrasi Publik; Jumlah Formasi : 1 (Satu)

4. Kode Jabatan : 83004; Nama Jabatan : Perencana Anggaran; Jenjang : Sarjana (S1); Jurusan : Ekonomi Manajemen; Jumlah Formasi : 1 (Satu)

5. Kode Jabatan : 83005; Nama Jabatan : Penelaah Kebijakan Perjanjian Internasional; Jenjang : Sarjana (S1); Jurusan : Hubungan Internasional; Jumlah Formasi : 1 (Satu)

6. Kode Jabatan : 83006; Nama Jabatan : Penelaah Material Hukum; Jenjang : Sarjana (S1); Jurusan : Hukum Perdata; Jumlah Formasi : 1 (Satu)

7. Kode Jabatan : 83007; Nama Jabatan : Penelaah Kerjasama Pertahanan Multilateral; Jenjang : Sarjana (S1); Jurusan : Hukum Internasional; Jumlah Formasi : 1 (Satu)

8. Kode Jabatan : 83008; Nama Jabatan : Penelaah Penanganan Objek Vital; Jenjang : Sarjana (S1); Jurusan : Hukum Perdata; Jumlah Formasi : 1 (Satu)

9. Kode Jabatan : 83009; Nama Jabatan : Penelaah Partisipasi Masyarakat; Jenjang : Sarjana (S1); Jurusan : Komunikasi; Jumlah Formasi : 1 (Satu)

10. Kode Jabatan : 83010; Nama Jabatan : Penelaah Pengembangan Kehumasan; Jenjang : Sarjana (S1); Jurusan : Komunikasi; Jumlah Formasi : 1 (Satu)

11. Kode Jabatan : 83011; Nama Jabatan : Verifikator Keuangan; Jenjang : Sarjana (S1); Jurusan : Ekonomi Akuntansi; Jumlah Formasi : 1 (Satu)

12. Kode Jabatan : 83012; Nama Jabatan : Auditor; Jenjang : Sarjana (S1); Jurusan : Ekonomi Akuntansi; Jumlah Formasi : 1 (Satu)

13. Kode Jabatan : 83013; Nama Jabatan : Pustakawan; Jenjang : D3; Jurusan : Perpustakaan; Jumlah Formasi : 1 (Satu)

14. Kode Jabatan : 83014; Nama Jabatan : Arsiparis; Jenjang : D3; Jurusan : Kearsipan;
Jumlah Formasi : 2 (Dua)

B. Persyaratan Pelamar
1. Persyaratan Umum
a. Warga Negara Indonesia.
b. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
c. Memiliki Integritas yang tinggi terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.
d. Tidak berkedudukan sebagai Calon/PNS , Calon/Anggota TNI/Polri.
e. Tidak berkedudukan sebagai anggota atau pengurus partai politik.
f. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak hormat sebagai PNS/TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai Pegawai swasta.
g. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan.
h. Memenuhi persyaratan kualifikasi pendidikan (jenjang dan jurusan) yang sesuai dengan lowongan formasi jabatan.
i. Berkelakuan baik.
j. Sehat jasmani dan rohani.

2. Persyaratan Khusus
a. Ijazah pelamar diakui yaitu ijazah yang diperoleh dari Perguruan Tinggi Negeri/Swasta yang telah mendapat akreditasi.
b. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) bagi pelamar berijazah :
1) Sarjana (S1)/ D4 minimal 2,85 (dua koma delapan lima)
2) Diploma III (D III) minimal 2,75 (dua koma tujuh lima).
c. Batas usia bagi pelamar :
1) Minimum 18 tahun pada tanggal 1 Oktober 2008
2) Diploma III (D III) maksimum 27 tahun pada tanggal 1 Oktober 2008
3) Sarjana (S1) / D4 maksimum 30 tahun pada tanggal 1 Oktober 2008

C. Proses Penerimaan CPNS TA. 2008
1. Penerimaan Surat Lamaran
2. Tahap I : Seleksi Administrasi
3. Tahap II : Ujian Tertulis
4. Tahap III : Psikotes dan Wawancara
5. Pengarahan CPNS TA. 2008

D. Penerimaan Surat Lamaran
1. Penerimaan lamaran mulai tanggal 21 – 24 Oktober melalui PO BOX 2490 JKP 10024.
2. Panitia tidak menerima lamaran yang dikirim langsung.
3. Surat lamaran ditulis tangan dan ditandatangani sendiri oleh Pelamar dengan menggunakan tinta hitam ditujukan kepada Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan.
4. Menuliskan pada sudut kiri Amplop Lamaran, Kode Jabatan yang dilamar.
5. Pelamar wajib melampirkan berkas administrasi, yaitu :
a. Daftar Riwayat Hidup;
b. Foto Copy Ijazah dan Transkrip Nilai yang dilegalisir Asli oleh Pejabat yang berwenang (Surat Keterangan Lulus Sementara tidak berlaku);
c. Surat Pernyataan Bebas Narkoba bermaterai Rp. 6000,- (Enam Ribu Rupiah).
d. Pas Foto berwarna terbaru, berlatar belakang merah, ukuran 3×4 sebanyak 3 lembar.

E. Tahap I : Seleksi Administrasi
1. Berkas lamaran yang telah diterima akan diadakan seleksi administrasi;
2. Bagi Pelamar yang memenuhi persyaratan administrasi akan diumumkan melalui situs internet resmi http://www.polkam.go.id dan papan pengumuman di kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan yang direncanakan tanggal 29 Oktober 2008.
3. Bagi pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, dapat mengambil Tanda Peserta Ujian pada,
Tanggal : 30 – 31 Oktober 2008
Pukul : 08.30 – 15.00 WIB
Tempat : Kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan
Gedung A Lantai 6, Jalan Merdeka Barat No. 15 Jakarta Pusat.
Dengan menunjukkan Ijazah terakhir asli kepada Panitia sebagai bukti untuk Pengambilan Tanda Peserta Ujian.
4. Jumlah Pelamar yang dinyatakan Lulus Seleksi Administrasi sebanyak-banyaknya 10 x Jumlah Formasi, dengan berdasarkan :
a. Peringkat nilai IPK tertinggi
b. Kompetensi lainnya sesuai dengan kebutuhan jabatan yang dibutuhkan
c. Berkas lamaran yang diterima lebih awal oleh Panitia (Apabila jumlah pelamar yang lulus seleksi administrasi melebihi 10 x jumlah formasi).
5. Bagi Pelamar/Peserta Ujian yang dinyatakan lulus seleksi administrasi yang tidak mengambil Tanda Peserta Ujian Tertulis lewat tanggal 31 Oktober 2008 pukul 15.00 WIB dinyatakan gugur.

F. Tahap II : Ujian Tertulis
1. Dilaksanakan pada tanggal 1 Nopember 2008
2. Materi Ujian Meliputi :
a. Kompetensi Dasar (TKD)
b. Tes Bahasa Inggris

G. Tahap III : Psikotes dan Wawancara
Ditentukan Kemudian

H. Pengarahan CPNS TA. 2008
Ditentukan Kemudian

I. Lain – lain
1. Pelamar/Peserta penerimaan CPNS TA. 2008 tidak dipungut biaya dalam bentuk apapun;
2. Keputusan Tim Penerimaan CPNS Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan TA. 2008 bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Jakarta 6 Oktober 2008

KETUA TIM PENGADAAN CPNS TA. 2008
KEMENTERIAN KOORDINATOR
BIDANG POLITIK, HUKUM DAN KEAMANAN

TTD

Drs, HARSANTO ADI S., M.M.

Bilangan Prima terbesar 13 Juta Digit

Masih ingat definisi bilangan prima yang mulai diperkenalkan sejak di tingkat sekolah dasar? Ya bilangan prima adalah bilangan yang hanya memiliki dua faktor pembagi, 1 dan bilangan itu sendiri. Seperti, 2, 3, 5, dan seterusnya.

Baru-baru ini, pecinta matematika di Universitas California di Los Angeles (UCLA), berhasil mengungkapkan bilangan prima terbesar yang berhasil dihitung sejauh ini. Tentu sulit untuk menyebutkan maupun menuliskannya karena bilangan tersebut terdiri dari 13 juta digit atau angka.

Untuk menghitungnya tidak mudah karena yang harus dicari adalah bilangan prima Mersenne yang pertama kali diperkenalkan matamatikawan Perancis Marin Mersenne pada abad ke-17. Bilangan tersebut didefiniskan sebagai hasil dari 2pangkat P dikurangi 1 dengan P yang juga bilangan prima.

Bilangan yang ditemukan itu dengan nilai P sebesar 43.112.609. Angka yang baru ditemukan merupakan bilangan prima Mersenne ke-46. Tim UCLA sudah menemukan delapan bilangan prima Mersenne dengan jutaan digit.

Untuk menghitungnya digunakan jaringan 75 komputer yang menggunakan sistem operasi Windows XP. Bilangan tersebut telah diverifikasi sebagai bilangan prima dengan algoritma berbeda.

“Kami sangat senang. Sekarang kami sedang berusaha mencari bilangan berikutnya, meski aneh,” ujar Edson Smith, ketua tim dari UCLA. Upaya timnya mencari bilangan prima terbesar tak sia-sia karena keberhasilannya diganjar 100.000 dollar AS oleh Electronic Frontier Foundation yang menjadikannya sebagai kompetisi Great Internet Mersenne Prime Search (GIMPS).

Ribuan orang di sleuruh dunia telah berpartisipasi dalam ajang tersebut. Lomba tersebut mengajakan para pecinta matematika di seluruh dunia menggunakan kekuatan komputer untuk menghitung bilangan prima Mersenne yang minimal terdiri dari 10 juta digit.

Sumber kompas.com