Beranda »

Penjambretan di KRL Ekonomi Bogor-JKT

Assalamualaikum,

Transportasi adalah sarana untuk mencapai tempat yang dituju, saat ini banyak moda transportasi umum dari mulai angkot, biskota, keretaapi, pesawat terbang sampai kapal laut.

Nah karena lokasi rumah ane di kota hujan dan kerja di ibukota, ane biasanya naek moda transportasi super massal KRL. Kenapa super massal karena setiap harinya KRL selalu penuh terisi penumpang setianya dari mulai ibu2, bapak2, anak2, nenek, kakek, tukang buah, tukang air minum kemasan, gelandangan, pengamen, sampai para pengemis. Yang saya sampaikan disini adalah KRL Ekonomi dengan harga karcis cuma 2000 perak aja *kadang gratis kok hehe.

Sungguh hebat bukan transportasi ini, karena hal tersebut tidak akan ditemukan di moda transportasi lainnya seperti angkot, apalagi pesawat terbang. Jadi sebenarnya KRL tidak hanya menghasilkan tapi juga memberikan berkah bagi banyak orang. Pantaslah klo KRL mendapat penghargaan Nobel Perdamaian. Lho kok dapet Nobel, karena dengan alat transportasi ini banyak lini kehidupan dapat berjalan dari para pekerja kantoran sampai pengemis bahkan gelandangan.

Tapi dibalik kehebatan KRL ini, ada juga sisi dunia gelapnya. Cie..cie.. dunia gelap kayak film cina aja. Sisi gelap dari KRL ini yaitu banyaknya kasus penganiayaan, penodaan pada kaum wanita bahkan sampai pencurian dan penjambretan.

Wow kasus terakhir (pencurian/penjambretan) ntu yang sering ane liat dengan mata kepala ane.
Kejadian terbaru adalah siang ini, dimana terjadi penjambretan kalung emas seorang ibu oleh komplotan penjambret.

Kisah ini bermula ketika ane lagi menunggu di stasiun bogor di KRL Ekonomi tujuan TanahAbang/Jatinegara.

Siang itu jam menunjukkan pukul 12.15 menit, matahari ketika itu lagi panas2nya. Ane menunggu berada di gerbong 2 KRL Ekonomi. Awalnya ane memposisikan di pintu, ane ngambil posisi tersebut karena klo pas kondisi penumpang penuh gampang keluarnya n lebih safety ketimbang di dalem yang bau keringet bin desek2an *jadi ingat waktu sekolah klo posisi menentukan prestasi🙂

Kemudian tiba2 sekonyong-konyong tanpa diduga tanpa berasa hehe, datanglah seorang cowo muda bertato meminta ijin ingin duduk di posisi ane. Dia sih sopan waktu minta duduk tersebut, jadi ane ijinin aje. Tapi ane aneh karena selama ane menggunakan KRL selama 2 tahun ini, belum pernah ada orang yg berani meminta ijin utk menempati posisi di pintu yang udah ditempatin padahal kondisi saat itu satu gerbong tersebut masih banyak yg kosong.

Dan lebih anehnya lagi ane liat gelagat ni orang kayaknya ga seperti penumpang biasanya. Dan kecurigaan ane makin bertambah ketika ada cowo lain yang memposisikan diri di dekat ane padahal sumpah dech satu gerbong ntu masih lumayan kosong.

Ane mulai melihat keadaan situasi sekitar, ane yakin mulai ga beres karena biasanya para pedagang ntu suka teriak2 mendagangkan jualannya tapi saat ntu klo di deket ane ntu jadi pada diam ato cuma lewat aja.

Ane mulai berdoa dan dzikir dalam hati agar ane dan harta berharga ane *cuma hp n dompet doank hehe diselamatkan dari kejahatan selama dalam perjalanan.

Tak lama berselang KRL tersebut jalan, dan gelagat cowo yg sedari tadi di deket pintu tersebut menjadi aneh dan sering mengelurakan HP untuk sms. Kemudian cowo tersebut berdiri ketika kereta sampai di stasiun cilebut.

Ketika kereta mulai berjalan, set… *gitu kali ya suaranya, cowo ntu ngambil kalung seorang ibu muda yg berada di posisi tempat duduk tak jauh dari pintu. Cowo ntu langsung loncat keluar. Seluruh penumpang panik, c ibu juga panik tp apalah daya kereta sudah jalan.

Yang lebih anehnya cowo2 yang di deket ane posisinya sejak dari stasiun bogor selalu memposisikan diri utk menghalangi ane deket ke pintu dan ke sang penjambret. Cowo2 tadi juga setelah si penjambret kabur dia langsung pura2 pindah gerbong.

Emang tipe jambret kayak gini dilakukan oleh banyak orang dengan fungsi masing2, seperti 2 cowo yg di deket ane ntu semuanya bertugas mengamankan dan memuluskan langkah sang penjambret. Bagus juga strateginya.

Tapi ane gak kaget sich liat kejadian kayak gini, secara ane dah berulang kali ngeliat kejadian kayak gini di KRL Ekonomi *soalnya klo di KRL AC/Commuter Line ada petugas KRL nya kali ya.

Poin yang dapat penulis ambil diantaranya:
1. Waspadalah…..
Dimanapun anda berada selalu waspada dan peka gerak gerik lingkungan sekitar

2. Jaga barang berharga anda
Taruh barang berharga seperti dompet, HP, perhiasan emas di tas, dan posisi tas berada di depan sehingga dapat diawasi jika ada penjambret

3. Berdoa dan selalu dzikir pada Allah SWT

Demikian semoga bermanfaat. Wassalam

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

