Beranda »

Tentang PABX

Hari ini, saya dapat ilmu lagi di perusahaan ini, yaitu mengenai PABX. Menurut Om Wiki pengertian PABX atau Private Automatic Branch eXchange adalah perangkat penyambungan komunikasi telepon yang terletak di sisi pelanggan, misalnya di gedung-gedung perkantoran yang memerlukan percabangan sambungan telepon. Secara umum perangkat PABX terhubung ke penyedia layanan telekomunikasi publik.

Intinya sich PABX ini untuk komunikasi antar unit dalam satu perusahaan, ada perusahaan yang men-setting agar telepon bisa untuk keluar atau hanya internal saja. Kebetulan PABX di tempat saya bekerja di setting hanya untuk internal saja, hasilnya klo mau telepon keluar harus telepon ke operator dulu. Lumayan repot lah apalagi klo operator lagi sibuk.

Nah, kembali ke PABX. Saya disuruh bos untuk mencari mesin penjawab telepon, jadi klo ada telepon masuk dari luar bisa tidak membebani operator karena ada informasi nomor ekstensi yang bisa dituju.

Setelah cari di Mbah Google, ditemukan deh mesin penjawab telepon yang bernama Yosin. Saya telepon salah satu distributor, infonya memang alat ini digunakan khusus sebagai mesin penjawab dan lumayan bagus serta banyak digunakan oleh perusahaan. Saya juga tanya apakah alat ini kompatible dengan PABX di tempat kerja saya. Katanya kompatible. Wah bagus tuch dan lagi memang harganya masih terjangkau yaitu Rp 2,5 Juta belum termasuk biaya instalasi sebesar Rp 250.000.

Oh iya rasa penasaran saya pada mesin PABX masih belum selesai, setelah melihat mesin itu, ternyata didalamnya terdapat port USB dan RJ45. Berarti pada prinsipnya mesin ini bisa dihubungkan ke internet dan juga ke komputer dan bisa di setting untuk penggunaannya via remote.

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

