Beranda » Komputer Stuff » Go Green, Going Paperless

Go Green, Going Paperless

Seiring dengan semakin ektrimnya kondisi suhu dan cuaca, yang menurut beberapa ahli dikarenakan pemanasan global. Maka banyak aktifitas di seluruh dunia mulai mencanangkan gerakan #gogreen. Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan meminimalkan penggunaan kertas.

Saat kantor saya juga mencanangkan gerakan #paperless dengan lebih mencanggihkan sistem informasi rumah sakit dan meminimalkan penggunaan kertas.

Ketika hal tersebut disampaikan oleh direksi pada rapat manajemen, saya selaku tim IT setuju akan hal tersebut. Namun memang terdapat banyak tantangan dan hambatan yang akan menyertai gerakan #paperless ini.

Kemudian untuk menguatkan dan mengetahui proses apa yang harus dilakukan untuk mewujudkan paperless ini. Maka pada hari Jumat, 22 Agustus 2014, diadakan pelatihan atau sharing ilmu dengan pak Stock (audit keuangan). Ketika saya sampaikan bahwa rumah sakit kami akan paperless, dia mengatakan bahwa terdapat beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan diantaranya:

1. Proses pengontrolan

Maksudnya adalah pengontrolan akan kerja dan kinerja yang dilakukan oleh tim di lapangan, semisal print billing apakah billing nya sudah sesuai atau belum, kemudian ketika proses permintaan dana untuk pembelian, apakah syarat dan jumlah nominal rupiahnya sudah sesuai?

Proses pengontrolan penting untuk menjamin bahwa setiap transaksi dan aktivitas yang dilakukan sudah sesuai dengan prosedur dan ketika terjadi ketidaksesuaian transaksi dapat langsung ditemukan kesalahannya.

Fungsi kontrol ini akan minim ketika sudah beralih dari kertas ke sistem, karena manusia masih banyak yang tergantung dengan fisik terkait pekerjaannya. 

2. Proses validasi

Validasi adalah suatu persetujuan dari atasan atau pihak berwenang atas suatu transaksi tertentu. Selama ini validasi biasanya menggunakan tandatangan. Jika dialihkan validasi tersebut ke sistem, pertanyaannya apakah sistemnya sudah mendukung tandatangan digital? sudah safety kah sistemnya dari hack ? kemudian sudah dapat dipertanggungjawabkan di depan hukum kah tandatangan digital tersebut?

Beberapa pertanyaan tersebut akan menjadi tantangan bagi tim IT dalam menjawab target manajemen RS untuk paperless.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s