Beranda » Linux » Cara running file .bat di Ubuntu

Cara running file .bat di Ubuntu

Saya masih nubie di linux dan saat ini masih terus belajar menggunakan Linux. Kebetulan distro yang saya gunakan adalah Ubuntu. Karena banyak info kalo distro ini paling banyak komunitasnya di Indonesia sehingga ketika ada kendala lebih banyak referensi.

Rencananya saya ingin menjalankan aplikasi kantor di Ubuntu, aplikasi ini based on Windows 7 sehingga banyak yang harus di konfigurasi jika ingin digunakan di Ubuntu.

Saya sudah menginstall Wine agar semua file exe dapat terinstall di Ubuntu. Semua file dapat diinstall dengan mudah dan tidak ada pesan error yang muncul. Namun ketika akan menjalankan file .bat terdapat kendala karena file ini tidak dikenali di Ubuntu. Saya cari ke google, ternyata ada solusinya dengan langkah sbb:

1. Install dahulu Wine

2. Buka Terminal ketikkan command:

wine cmd

3. Tunggu sampai prosesnya selesai, jangan lupa komputer terhubung dengan Internet.

4. Kemudian untuk menjalanknya silahkan ketikkan kembali di terminal yang baru

wine cmd

5. Kemudian silahkan jalankan file .bat

Sumber: http://ubuntuforums.org/showthread.php?t=1377214

Tinggalkan Balasan

